I. Tentang Aplikasi Manajemen Pelatihan
Aplikasi Manajemen Pelatihan merupakan sebuah fitur dalam portal Rumah Belajar yang menjadi sarana untuk mendokumentasikan data-data pelatihan seperti data pelatihan, data narasumber dan data peserta. Aplikasi pelatihan dapat diakses melalui laman https://belajar.kemdikbud.go.id/Pelatihan/. Aplikasi manajemen pelatihan ini dapat digunakan oleh berbagai satker. Satker-satker tersebut dapat mengelola pelatihan yang mereka selenggarakan. Setiap pelatihan yang diselenggarakan akan terpampang dalam aplikasi manajemen pelatihan ini dan dapat dilihat oleh semua pengguna, sehingga pengguna dapat melakukan pendaftaran pelatihan secara daring.
Adapun perbedaan membuat pendaftaran pelatihan adalah sebagai berikut :
Moda Konvensional Moda Daring
• Peserta diundang sercara subyektif melalui Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan atau Panitia.
• Tidak semua guru dapat mendaftar pelatihan, karena menunggu undangan • Semua guru dapat mendaftar di aplikasi pelatihan
• Peserta diseleksi sesuai dengan kebutuhan kualifikasi pelatihan
• Peserta pelatihan dapat lebih beragam
Setiap satker yang menggunakan aplikasi manajemen pelatihan ini akan mendapatkan akun. Akun tersebut akan diberikan oleh admin utama aplikasi manajemen pelatihan (Pustekkom). Dengan menggunakan akun ini, para admin satker dapat membuat dan mengelola kegiatan pelatihan masing-masing.
II. Pengelolaan Pelatihan
Untuk mengelola pelatihan, admin satker perlu login terlebih dahul ke dalam aplikasi manajemen pelatihan menggunakan akun yang sudah diberikan oleh admin utama. Untuk masuk ke dalam aplikasi manajemen pelatihan, admin satker dapat mengakses ke laman https://belajar.kemdikbud.go.id/Pelatihan/, kemudian klik tombol sign in di sebelah kanan atas.
Gambar 1 Link Sign In
Gambar 2 Halaman Login
Setelah masuk ke dalam aplikasi pelatihan, admin satker dapat masuk ke halaman Pengelolaan Pelatihan. Pada halaman ini admin satker dapat membuat, merubah dan menghapus data pelatihan. Admin satker juga dapat menambahkan peserta ke dalam sebuah pelatihan.
Gambar 3 Halaman Pengelolaan Pelatihan
A. Membuat Pelatihan
Untuk Membuat pelatihan, caranya adalah dengan mengklik tombol ‘buat pelatihan baru’. Selanjutnya akan muncul isian pemuatan pelatihan.
Gambar 4 Formulir Pembuatan Pelatihan
Data-data yang perlu diisi dalam formulir tersebut adalah :
1. Judul Pelatihan.
Diisi maksimum 200 karakter.
2. Tipe Pelatihan.
Tipe pelatihan dipilih sesuai dengan pelatihan yang akan diselenggarakan
3. Penyelenggara
Penyelenggara adalah satker yang bersangkutan
4. PIC
PIC Merupakan user yang dapat mengelola penyelenggaraan pelatihan tersebut
5. Tanggal Pendaftaran
Rentang waktu yang ditentukan untuk dibukanya pendaftaran secara daring
6. Tanggal Pelaksanaan
Rentang waktu penyelenggaraan pelatihan
7. Provinsi
Nama provinsi tempat diselenggarakanannya pelatihan
8. Kota / Kabupaten
Nama Kota/Kabupaten tempat diselenggarakanannya pelatihan
9. Lokasi
Lokasi lengkap tempat diselenggarakannya pelatihan
10. Deskripsi
Diisi dengan keterangan lanjutan pelaksanaan pelatihan. Seperti materi, narasumber, jadwal pelaksanaan atau poster.
Setelah semua data diisi secara lengkap, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol submit. Maka data pelatihan tadi akan muncul di daftar pengelolaan pelatihan. Data pelatihan juga akan muncul di halaman beranda peserta, apabila peserta membuka laman tersebut bertepatan dengan waktu dibukanya pelatihan tersebut secara daring.
Gambar 5 Pendaftaran Pelatihan
B. Merubah Data Pelatihan
Admin satker dapat merubah data pelatihan yang sudah dibuat sebelumnya. Seperti tanggal pelaksanaan, tanggal pendaftaran, lokasi, dll. Adapun cara untuk merubah data pelatihan adalah dengan membuka halaman pengelolaan pelatihan, kemudian tekan tombol edit pelatihan.
Gambar 6 Tombol Edit
C. Menghapus Data Pelatihan
Admin satker dapat menghapus data pelatihan yang tidak perlu. Caranya adalah dengan mengklik tombol delete.
Gambar 7 Tombol Hapus
III. Cara Pendaftaran
Pelatihan yang telah dimasukkan akan muncul ke dalam halaman pendaftaran pelatihan sesuai dengan rentang waktu pendaftarannya. Halaman ini dapat dilihat oleh pengguna yang belum terdaftar di aplikasi pelatihan atau yang sudah terdaftar sebagai peserta. Sehingga para pengguna ini dapat melakukan registrasi pelatihan secara daring.
Gambar 8 Pendaftaran Pelatihan
A. Pembuatan Akun Aplikasi Manajemen Pelatihan
Bagi para pengguna yang ingin mendaftar pelatihan, pengguna tersebut harus memiliki akun aplikasi manajemen pelatihan. Untuk membuat akun tersebut, caranya adalah dengan melakukan registrasi pada aplikasi manajemen pelatihan.
Ketika pengguna melakukan registrasi, maka akan muncul pilhan tipe akun pengguna. Apakah pengguna tersebut adalah seorang guru atau non guru.
Gambar 9 Tipe Pengguna
Kemudian akan muncul formulir pembuatan akun sesuai dengann pilihan tipe pengguna tadi. Pengguna harus melengkapi formulir tersebut untuk mendapatkan akun di aplikasi manajemen pelatihan.
Gambar 10 Pendaftaran Akun Guru
Gambar 11 Pendaftaran Akun Non Guru
B. Pendaftaran Pelatihan
Pengguna yang sudah memiliki akun aplikasi manajemen pelatihan dapat melakukan pendaftaran pelatihan secara daring. Dari halaman beranda atau halaman pendaftaran akan muncul daftar pelatihan. Pilihlah pelatihan sesuai denga materi dan lokasi yang diinginkan. Untuk mendaftar, pengguna dapat mengklik tombol daftar.
Gambar 12 Pendaftaran Pelatihan
Setelah itu akan muncul syarat dan ketentuan pelatihan tersebut. Pengguna diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila syarat dan ketentuan telah disetujui, barulah pengguna tersebut diperbolehan untuk mendaftar di pelatihan tersebut. Pengguna yang telah mendaftar statusnya akan berubah menjadi calon peserta. Calon peserta ini akan diseleksi oleh PIC Pelatihan atau admin satker.
IV. Pengelolaan Peserta
A. Seleksi Pendaftar Online
Pengguna yang mendaftar pelatihan secara daring perlu diseleksi oleh PIC Pelatihan atau admin satker. Proses seleksi tersebut ada pada halaman pengelolaan pelatihan, kemudian kli tombol pendaftar online.
Gambar 13 Tombol Pendaftar Online
Selanjutnya akan terbuka para pengguna yang telah mendaftar secara daring. PIC Pelatihan akan menyeleksi para pendaftar tersebut sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dalam kegiatan pelatihan tersebut. PIC akan mengklik tombol terima apa bila pendaftar tersebut dianggap memenuhi kriteria dan akan diterima sebagai peserta. Sedangkan tombol tolak di klik apabila peserta tersebut tidak memenuhi kriteria.
Gambar 14 Pendaftar Online
B. Menambah dan Menghapus Peserta
Admin satker atau PIC Pelatihan dapat menambah dan menghapus data peserta. Caranya dengan membuka halaman pengelolaan pelatihan. Setelah itu klik tombol kelola peserta. Selanjutnya akan muncul peserta-peserta pelatihan. PIC dapat menambahkan peserta lagi dari pengguna yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar
Gambar 15 Tombol Kelola Peserta
Gambar 16 Daftarkan Peserta
V. Kesimpulan
Petunjuk Teknis Pemanfaatan Aplikasi Pelatihan dibuat dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di 34 lokasi Kabupaten/Kota/Propinsi serta untuk mensosialisasikan portal Rumah Belajar yang dimiliki oleh PUSTEKKOM Kemdikbud.
Yogyakarta, 15-17 Mei 2017
HNS
ConversionConversion EmoticonEmoticon