Nama-nama Al-Qur ’an

Nama al-Qur’an bukanlah satu-satunya nama yang diberikan Allah Swt. ter- hadap kitab suci yang diturunkan-Nya kepada Nabi Muhammad saw. Menurut As-Suyuti dalam kitab al-Itqan fi ulum al-Qur'an menyebutkan bahwa al-Qur’an mempunyai 55 nama. Bahkan dalam ( Ensiklopedi Islam untuk Pelajar ), disebutkan ada 78 nama-nama bagi kitab suci al-Qur’an. Namun, jika diperhatikan dan dicermati lebih lanjut berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an secara redaksional, maka akan didapatkan beberapa nama saja, yang lainnya bukanlah nama melainkan hanya sifat, fungsi atau indikator al-Qur’an. Beberapa nama al-Qur’an tersebut adalah:

a.   Al-Quran (الْقُرْأَنُ)
Al-Qur’an merupakan nama yang paling populer dan paling sering dilekatkan pada kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Sebagaimana telah dijelaskan di muka, al-Qur’an artinya bacaan atau yang dibaca. Adapun beberapa ayat yang di dalamnya terdapat istilah al-Qur’an adalah sebagai berikut:
 
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…. (QS. al-Baqarah [2]: 185)


dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (QS. al-Araf [7]: 204)

Di samping nama al-Qur’an yang telah disebut dalam ayat-ayat di atas masih banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang di dalamnya terdapat nama al-Qur’an, seperti : QS. Yunus [10]: 37, QS. al-Hijr [15]: 87, QS. an-Nahl [16]: 97, QS. al-Hijr [17]: 9, QS. al-Hasyr [59]: 21, dan QS. al-Buruj [85]: 21.


b.  Al-Kitab (الْكِتَابُ)
Al-Qur’an sering disebut sebagai Kitabullah artinya kitab suci Allah Swt. Al-Kitab juga bisa diartikan yang ditulis.
Sedangkan ayat al-Qur’an yang di dalamnya terdapat kata al-Kitab sebagai nama bagi al-Qur’an yaitu :

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (QS. Ali ‘Imran [3]: 3) 

c.   Al-Furqan (الْفُرْقَانُ)
Al-Furqan artinya pembeda, maksudnya yang membedakan antara yang haq dan yang batil. Al-Furqan merupakan salah satu nama al-Qur’an, sebagaimana yang termaktub dalam QS. al-Furqan [25]: 1.

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar Dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. 

d.  Adz-Dzikr (الذِّكْرُ)
Adz-Dzikr berarti pemberi peringatan, maksudnya yang memberi peringatan kepada  manusia. Ayat  yang  menyebutkan  ad-Dzikr  sebagai  nama  lain  kitab al-Qur’an adalah :

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. al-Hijr [15]: 9)

e.  At-Tanzil (التَّنْزِيْلُ)
At-Tanziartinyyanditurunkanmaksudnyal-Qur’aditurunkaoleh allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantaan malaikat Jibril as. untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. At-Tanzil sebagai nama lain al-Qur’an dikemukakan oleh Subhi as-Shalih sebagaimana termaktub dalam ayat al-Qur’an yang berbunyi :

  
 “Dan sungguh, (al-Qur’an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam.” 
(QS. asy-Syu’ara [26]: 192).

Previous
Next Post »

Archive