MA al-Hikmah Karangmojo Siap melaksanakan UNBK mandiri Tahun 2016/2017


Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016/2017,  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi D.I. Yogyakarta mengundang sekolah dan madrasah di seluruh propinsi Yogyakarta pada Minggu, 5 Maret 2017 mengadakan bimbingan teknis proktor dan teknisi Lab Komputer. Kegiatan ini di laksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi D.I. Yogyakarta.

Tidak tanggung-tanggung, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi D.I. Yogyakarta menghadirkan narasumber langsung dari Proteknas yang masing-masing membimbing peserta yang berjumlah 407 proktor/teknisi sekolah yang terdiri dari 241 SMP/MTs, 107 SMA/MA serta 59 SMK di seluruh propinsi Yogyakarta yang siap melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing. Setiap sekolah mengirimkan 1 (satu) orang proktor atau teknisi untuk mengikuti kegiatan bimtek ini yang terbagi dalam 2 (dua) sesi yaitu sesi pertama, pagi mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 dan sesi kedua, siang pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Bimtek ini diadakan di 4 tempat berbeda di kompleks Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi D.I. Yogyakarta yaitu di Sasana Wiyata, Sasana Karsa, Sasana Cipta dan Sasana Mitra.

Isi kegiatan ini selain bimbingan teknis kesiapan proktor dan teknisi dari setiap sekolah yang di undang, juga di bimbing cara menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi saat UNBK, seting PC server dan client juga informasi-informasi lain yang terkait UNBK tahun 2017.

Tidak semua sekolah yang ada di Yogyakarta yang di undang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi D.I. Yogyakarta pada bimtek ini, melainkan sekolah yang sudah siap perangkat server dan client dengan spesifikasi yang telah ditentukan supaya dalam pelaksanaan UNBK lancar tidak ada masalah. Selebihnya, sekolah yang tidak di undang dikarenakan karena belum mampu UNBK mandiri sehingga menggabung jadi satu dengan sekolah lain yang sudah siap atau karena sekolah tersebut sudah mengadakan UNBK pada tahun ajaran sebelumnya.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta diwajibkan membawa PC server yang akan digunakan UNBK beserta perangkatnya. Hal ini bertujuan agar peserta bisa memogram dan mensetting serta mampu menyelesaikan permasalahan jika terjadi masalah saat ujian berlangsung.

Kegiatan Bimtek Proktor/Teknisi berlangsung dengan baik, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta seputar persiapan UNBK. Seluruh SMP/MTs, SMA/MA dan SMK di wilayah Propinsi Yogyakarta mulai tahun ini Ujian Nasional berbasis komputer semua.


HNS
Previous
Next Post »

Archive