MODAL MAJU



     Semua orang tahu jalan menuju sukses, tapi tidak setiap orang menempuhnya. Boleh jadi orang itu gagal karena belum menempuh jalannya atau kurang yakin dengan kemampuannya. Bukankah setiap penempuh jalan mesti sampai, walau harus rela mendaki gunung, menuruni lembah dan melintasi onak dan duri? "Hidup tanpa tantangan bagaikan bumi kehilangan an Paul Sartre).
     Tiada kekezatan kecuali sesudah bersusah-payah. Langit pun tak pernah menurunkan hujan emas. Andaikata ilmu bisa digapai dengan lamunan, takkan ada orang bodoh di muka bumi. "Hidup tak lain adalah petualangan yang menantang." (Helen Keller).
     Kenikmatan hidup itu bahkan diperoleh ketika seseorang tengah berusaha. Bukankah anak-anak memperoleh kesenangan ketika sedang bermain? Para petani memperoleh pengharapan ketika menabur benih dan menyiangi tanaman. Para guru memperoleh kepuasan ketika membelajarkan. Para da'i memperokeh penghiburan saat berdakwah. Para pemimpin memperoleh kebahagiaan ketika mengabdi. "Tanpa perjuangan visi besar akan tetap menjadi angan-angan; tak ada hasil memuaskan yg dpt dicapai tanpa cucuran keringat dan darah." (Kazuo Inamori).
     Tuhan Yang Maha Pemurah menganugerahkan talenta kepada setiap anak manusia. Keunggulan seseorang diakui ketika ia telah melakukan apa yg orang kebanyakan tak dpt melakukannya. "Rata-rata setiap orang hanya mengembangkan 10% dari bakat dan kemampuan yg terpendam. Manusia pada umumnya hidup jauh dari batas kemampuannya." (William James).
     Kesuksesan selalu menyertai mereka yg tak pernah takut gagal. Orang yg takut salah telah salah dan orang yg takut gagal sudah gagal. Tatkala orang2 menyapa sinis atas 99 kali percobaan, dengan tenang dan penuh percaya diri Thomas Alva Edison menjawab, "Saya telah berhasil menemukan 99 cara yg salah untuk membuat lampu berpijar."
     Orang sulit maju dan berkembang jika tidak mempunyai contoh selain dirinya sendiri. Untuk sukses orang tidak harus gagal lebih dahulu. Bila engkau berjumpa dengan orang yang hebat dan mengagumkan, ketahuilah bahwa ia telah melakukan apa yang belum engkau lakukan. Dengan mengikuti jejak langkah orang2 yg telah sukses, kita akan tiba di tempat yg sama.
     Kemampuan untuk meraih sukses dalam perjalanan hidup yg panjang ini tidak sepenuhnya tergantung pada kecerdasan otak. Orang yg sederhana tapi takun dan bersungguh-sungguh, akan lebih sukses ketimbang mereka yg cerdas tapi kurang semangat dan lemah kemauan. "Akhir perjalanan jauh, yg pengecut tak pernah berangkat dan yg lemah kemauan runtuh di tengah jalan." (Herbert N Casson).
     "Jangan menjalani hidup hanya sebatas pengharapan-pengharapan. Keluarlah dari sana dan lakukan sesuatu yg luar biasa." (Wendy Wesserstein). Pepatah Arab mengatakan, _"I'malu fauqa ma 'amilu_ - lakukanlah lebih daripada yang orang-orang telah lakukan - _do the best!"_ Tersimpan kekuatan dahsyat dalam keyakinan. Jika orang yakin bahwa ia dilahirkan untuk melaksanakan sesuatu yang tampaknya mustahil, hampir dapat dipastikan ia sanggup melaksanakan hal itu sebelum ia meninggal dunia." (Henry Bulwer). "Bersikaplah realistis: selalu harapkan hal yang mustahil." (Paulo Coelho).[]

Muhammad Chirzin, 08-04-2017
Previous
Next Post »